Direktur Utama Adira Finance, Dewa Made Susila, menjelaskan, rangkaian kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 terdiri dari beberapa kegiatan. Pertama adalah Desa Wisata Kreatif, yaitu program pengembangan bagi UKM setempat untuk dapat menciptakan paket wisata Desa Wisata Ramah Berkendara yang dapat dijual dan memiliki selling value. Kegiatan mencakup pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di masing-masing dari kelima Desa Wisata.
Kemudian Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara, yang merupakan kegiatan berkendara puluhan komunitas otomotif dalam rangka membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata dalam bentuk konten multimedia dan kegiatan promosi yang bersifat digital.
“Terakhir adalah Festival Pasar Rakyat, sebuah kampanye gerakan sosial untuk menarik simpati masyarakat untuk menjadikan pasar rakyat di daerah Desa Wisata menjadi ruang publik kreatif. Selain itu ada juga workshop yang membantu pedagang pasar dan UMKM tentang literasi keuangan.” kata Dewa Made Susila.
Program-program tersebut akan dilangsungkan di 5 desa wisata yakni Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta. Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Serta Desa Carangsari, Kabupaten Badung.
“Terima kasih atas kepercayaannya yang sudah terjalin selama ini. Program yang kami bangun bersama ini, merupakan konsep yang berangkat dari keinginan besar untuk membantu ekonomi Indonesia, salah satunya dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya segmen UMKM,” kata Dewa Made Susila. (ohs)