BekisarMedia.id — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba (Musi Banyuasin) kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya dalam situasi kedaruratan.
Kolaborasi antara Call Center 112 dan Public Safety Center (PSC) 119 Dinas Kesehatan Muba berhasil memberikan layanan tanggap darurat secara cepat dan tepat kepada warga yang membutuhkan.
Respons cepat ini bermula dari laporan warga melalui layanan Call 112, terkait kebutuhan pelayanan kesehatan mendesak. Laporan tersebut diteruskan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Muba, Herryandi Sinulingga, kepada Kepala Dinas Kesehatan Muba, H. Azmi Dariusmansyah, dan langsung ditindaklanjuti oleh Tim PSC 119.
“Begitu laporan diterima, tim langsung bergerak ke lokasi, melakukan home visit untuk memberikan penanganan medis kepada pasien.” ujar H. Azmi Dariusmansyah, pada hari Rabu, 24 Mei 2025.
Penanganan Cepat untuk Pasien Lanjut Usia
Pasien yang dilaporkan adalah Mustari (61 tahun), warga Muba yang mengeluhkan adanya benjolan di perut. Tim PSC 119 segera melakukan pemeriksaan awal di rumah pasien, dan kemudian merujuknya ke Poli Bedah RSUD Sekayu untuk penanganan lanjutan, dengan jadwal kontrol lanjutan pada 26 Mei 2025.
Bupati Muba, M. Toha, memberikan apresiasi tinggi atas kesigapan perangkat daerah dalam merespons kebutuhan masyarakat.
“Ini adalah bukti bahwa pemerintahan kami hadir untuk rakyat Muba. Ini bagian dari visi misi kami yang akan terus kami sempurnakan ke depan, menuju Muba Maju Lebih Cepat.” kata M. Toha.
Pelayanan yang Menjangkau dan Menenangkan Warga
Sinergi antara Call 112 dan PSC 119 dinilai sebagai langkah strategis dalam menjamin akses cepat masyarakat terhadap layanan darurat, terutama dalam bidang kesehatan. Kolaborasi ini juga diharapkan memberi rasa aman dan nyaman kepada warga dalam menghadapi situasi kritis.
“Kami ingin warga Muba tahu bahwa pemerintah selalu siap membantu di saat genting. Inilah bentuk konkret pelayanan publik yang sigap dan responsif.” pungkas H. Azmi Dariusmansyah.