Layanan Publik Jemput Bola Pemkab OKI Disambut Antusias Warga Mesuji Makmur

BekisarMedia.id — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) kembali menghadirkan program Pelayanan Terpadu di Kecamatan, untuk mempermudah masyarakat mengakses layanan publik. Program yang digagas oleh Bupati OKI, Muchendi Mahzareki, ini, mendapat apresiasi luas dari warga Kecamatan Mesuji Makmur.

Berbagai pelayanan publik yang biasanya hanya tersedia di ibu kota kabupaten, kini bisa diakses langsung di tingkat kecamatan. Di antaranya layanan administrasi kependudukan, pengecekan kesehatan, program Keluarga Berencana (KB), perizinan, pengecekan data bantuan sosial, ketenagakerjaan, pajak daerah, hingga layanan lintas instansi lainnya.

Warga menilai, inovasi ini memudahkan mereka dalam mengurus dokumen penting tanpa harus menempuh jarak jauh ke Kayuagung, ibu kota Kabupaten OKI.

Baca Juga :  Wakil Bupati Kabupaten OKI  Tiba di Magelang, Susul Bupati Ikut Retret

“Biasanya kami harus ke Kayuagung untuk mengurus KTP atau KK, sekarang cukup di kantor camat. Ini sangat membantu, hemat ongkos.” kata Siti Rohani (48), warga Desa Gading Sari.

Pelaku usaha setempat, Rizky Pratama (40), juga merasakan manfaat serupa. Ia menyebut layanan ini mempercepat pengurusan pajak daerah bagi usahanya.

“Biasanya harus ke dinas pajak di kabupaten, sekarang cukup di kecamatan. Lebih cepat, lebih efisien, dan sangat membantu pelaku usaha seperti saya.” ujarnya.

Baca Juga :  Ribuan Umat Hindu Ikuti Ngaben Massal di OKI : Tradisi Sakral yang Perkuat Toleransi di Sumsel

Tokoh masyarakat Desa Bina Karsa, Supandi (55), menilai program ini sebagai bukti nyata hadirnya pemerintah di tengah masyarakat. “Program ini bukti pemerintah hadir di tengah masyarakat. Harapannya bisa rutin dilaksanakan.” ungkapnya.

Bupati OKI, Muchendi Mahzareki, menyampaikan bahwa pelayanan terpadu di Kecamatan Mesuji Makmur merupakan pelaksanaan ketiga, setelah sebelumnya digelar di Kecamatan Lempuing Jaya dan Tulung Selapan.

“Pemerintah daerah ingin memberikan kemudahan dan memastikan seluruh warga di Kabupaten OKI dapat terlayani dengan baik dan optimal. Pelayanan terpadu ini adalah bentuk komitmen pemerintah mendekatkan layanan kepada masyarakat.” jelas Muchendi Mahzareki.

Baca Juga :  Bupati OKI dan Danbrigif 8 Garuda Cakti Sepakat Perkuat Sinergi untuk Stabilitas Daerah

Ia menambahkan, pihaknya terus mendorong sinergi lintas instansi agar layanan publik lebih cepat, tepat, dan menyentuh langsung kebutuhan masyarakat.

Program pelayanan terpadu ini melibatkan berbagai instansi, seperti Polri melalui Polsek Mesuji Makmur, BPJS Kesehatan, Kantor Badan Pertanahan, Kantor Pajak Pratama, dan Bank Sumsel Babel.

Menurut Muchendi Mahzareki, pelayanan publik yang efektif tidak bisa berdiri sendiri tanpa kolaborasi. “Dengan kolaborasi yang baik, kita bisa menghadirkan layanan yang lebih cepat, tepat, dan menyentuh langsung kebutuhan masyarakat. Inilah semangat yang terus kami dorong dalam program Pelayanan Terpadu ini.” terangnya.

Baca Juga :  Di Hari Kemerdekaan, Pemkab OKI Buka Akses Pendidikan Kesetaraan untuk Warga Binaan Lapas Kayuagung

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palembang yang menjadi salah satu instansi peserta, cukup diminati warga. Layanan yang diberikan meliputi pendaftaran peserta mandiri (PBPU), peralihan segmen kepesertaan, penambahan anggota keluarga, pemindahan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), hingga perubahan data peserta.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten OKI, Yusfikarina, berharap program pelayanan terpadu ini dapat terus berlanjut ke kecamatan-kecamatan lain.

“Kegiatan ini memperlihatkan upaya nyata pemerintah bersama BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kepesertaan JKN.” ungkapnya.

Baca Juga :  BLK Kabupaten OKI Beri Pelatihan Kejuruan, Cetak Wirausaha Muda

Program Pelayanan Terpadu di Kecamatan Mesuji Makmur ini diharapkan menjadi contoh nyata peningkatan kualitas layanan publik yang merata hingga ke pelosok OKI. (skb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *